Kamis, 29 Desember 2011

KOTA TUA OH KOTA TUA


Kamis, 29 Desember 2011

Hey Guys, Do you know Kota Tua ? What do you think about it ? Special for me, Kota Tua is a unique place on North Jakarta. In Kota Tua, We can learn about history of  Indonesia. If you have holiday in Indonesia, Common come to Jakarta, I suggest you to visit Kota Tua. You’re never forget it and you will feel the fantastic holiday. This is my story about Kota Tua, thank you :)
Hari ini ngga akan pernah gue lupain dalam memori pikiran gue, Why ? Karena menurut gue hari ini adalah salah satu hari yang sangat berkesan dalam liburan kelas IX semester I ini. Gue, Mita, Vina, Rafi, Syon, Sandi, Ika, dan Fika berlibur ke Kota Tua Jakarta Utara, bener kan ya Jakarta Utara ? Hahaha. Awalnya niat jalan-jalan ke Kota Tua ini adalah ide gue, acara khusus BuMi alias Bunga Mita. Tapi semua rencana itu berubah setelah gue sadar perjalanan berdua ke Kota Tua cuma akan menghasilkan liburan yang membosankan, belom lagi si Mita yang ribet banget takut sama copet, macet, penuh, dan lain lain -__-

Akhirnya diputuskan acara berubah menjadi G.O.D’s vacation. Tapi sayang dari 9 member cuma 6 orang yang bisa, itu juga udah Alhamdulillah, hahaha. Balik lagi ke pemikirannya si Mita yang takut sama copet, menurut Mita –dan menurut gue juga sih- Kota Tua itu banyak copet, apalagi G.O.D itu isinya cewek cantik semua, bisa bahaya kalo jalan-jalan tanpa ada pengamanan, hahaha. Keputusan terakhir yang ditentuin gue sama Mita secara mendadak sekitar tanggal 28 Desember 2011 pukul 21.00, harus ada cowok yang ikut biar aman. Dan cowok itu adalah Sandi dan Rafi. Alesannya kita ngajak Sandi biar perjalanan jadi rame, dan alesan kita ngajak Rafi biar aman karena Rafi punya prinsip “Senggol Bacok”. Tadinya mau ngajak Opa Are, tapi sayang nomornya ngga ada yang aktif jadi susah dihubungi.

Sesuai perjanjian, kita semua kumpul dulu di depan SMPN 179 –sekolah gue- pukul 06.45, dan pesen gue cuma satu, bawa bekel kalo ngga mau kelaperan. Tapi emang dasar udah jadi kebiasaan, waktu ngumpul pun ngaret sampe jam setengah 8 lewat, bete banget kan ? Terkecuali buat gue, gue dateng pukul 06.45 pagi, pas sesuai perjanjian. Disusul Mita, Vina, Syon, dan Fika. Eh by the way Fika dianterin sama Agung ke SMPN 179 nya #justnotification. Nah ini dia nih yang bikin kita ngga berangkat-beramgkat dari tadi, Sandi -__- Bayangin aja dia baru dateng jam setengah 8 ? Pasti gara-gara kelamaan mandi. Si Ika yang udah siap aja sampe nonton doraemon dulu saking lamanya nunggu.

Seteleh Sandi dateng akhirnya kita berangkat naik mobil carry menuju halte busway Kp. Rambutan. Harusnya sih Rafi sama Ika naik mobil carry yang sama dengan kita, tapi mau diapain lagi, waktu mobil carry kita lewat di depan Jalan Lebak Para si Rafinya ngga ada, jadinya ditinggal deh. Hal yang sama juga dialamin Ika, ditinggal mobil carry, hahaha. Belom sampe Kota Tua aja nih, Si Sandi udah bikin satu memori kocak di pikiran gue. Khasnya Sandi kalo cerita itu pasti semangat, gue rasa biar dinilai menjiwai. Jadi dia waktu kita di mobil carry lagi cerita apaa gitu gue lupa, Sandi duduk di tengah dengan satu mba-mba berkerudung tak dikenal, sedangkan kita duduk di belakang. Oh betapa ngakaknya gue -juga yang lainnya- saat Sandi teriak kata “TOLOL” dengan amat kerasnya yang sampe-sampe bikin kerudung si mba-mba tak dikenal ini bergetar, hahahaha XD. Sandi justru ikut ketawa tanpa merasa bersalah sama mba-mba ini -__- Tak lama kemudian mba-mba kerudung ini turun dari mobil carry #saygoodbyeSaaaan

Kita udah sampe di tempat pemberhentian terakhir mobil carry yaitu pasar Obor, letaknya ngga jauh kok dari halte busway Kp. Rambutan. Tapi bukan berarti kita bisa langsung cabut ke halte busway, kita masih harus nunggu Ika dan Rafi yang belom sampe. Ika akhirnya sampai tanpa masalah sedikit pun, biasa laah anak Cijantung jadi masih ngerti jalan di sekitar Pasar Rebo. Kesan pertama saat Ika turun dari mobil carry adalah, Ika lu sumpah kayak preman, hahaha. Tapi emang bener sih, masalahnya dia pake celana jeans selutut, atasan kaos dan dikasih luaran kemeja yang ngga dikancingin, mana tampangnya dia tomboy banget, jadilah Ika yang terlihat sangar hari ini.

Masalah ada di Rafi nih sekarang, masa dia naik mobil carry sampe sekarang ngga sampe sampe ? Gue rasa dia ngga tau rute mobil carry, buktinya udah bolak-balik sms Mita tetep aja ngga nyampe-nyampe. Dengan penuh kesabaran akhirnya Rafi dateng juga. Ternyata bener kaaaan, dia malahan turun di Pasar Obor yang di depan, jadi dia harus jalan lagi buat sampe ke Pasar Obor yang diujung tempat kita semua udah pada nunggu, pantes aja lama -__-
Setelah melalui banyak masalah, akhirnya kita semua on the way Kota Tua, yeeeey! Tapi keadaan busway mulai dari Kp. Rambutan aja udah penuh –penuh aja ngga penuh banget kok-, maklum sih namanya juga udah jam setengah 9. Dari Kp. Rambutan kita transit di PGC, dari PGC transit ke Harmoni, dan dari Harmoni kita turun di Kota yang merupakan tujuan akhir busway yang kita naiki. Nothing special tentang di busway, paling cuma satu tuh si Mita kocak banget. Dia sedikit disinisin sama ibu-ibu gara-gara ngga sengaja nginjek sandal itu ibu-ibu sampe putus, hahaha XD. Kasian Mitaaa, padahal dia nginjek gara-gara kedorong-dorong sama orang lain XD.

Baru aja sampe di Kota Tua, tepatnya di lapangan yang deket sama Museum Fatahillah dan Museum Seni Rupa Indonesia, temen-temen gue udah pada minta berenti buat makan –gue juga ikut minta sih-, padahal kita kan baru sampe ? Lucu banget ya makanannya udah abis sebelum jalan-jalan.

Selesai makan kita ditawarin seorang bapak-bapak penyewa sepeda ontel buat nyewa sepedanya sama dia. Gue ngga interest banget sih, abis naik sepeda ontel sambil make topi mengingatkan gue akan noni-noni Belanda waktu zaman penjajahan dulu –ini kata Vina juga loh-. Satu sepeda 25 ribu selama 2 jam, dan bisa dipake buat 2 orang. Kata bapak-bapaknya sih itu lagi diskon karena kita pelajar, aslinya 25 ribu itu 1 jam. Kita ditawarin keliling 5 museum sekaligus sambil dipandu sama seseorang yang emang udah biasa mandu, disinilah Rafi mulai berkomentar “ah males gue nih kalo diataur-atur sama pemandu”. Sempet ngga enak juga sama bapak-bapaknya, udah ngasih diskon banyak ujung-ujungnya kita ngga jadi nyewa, maaf ya paaak :D Alesan kita ngga jadi nyewa itu, Syon lagi sakit perut ngga bisa bawa sepedahnya jadinyaa, dia ditawarin naik sama pemandu ngga mau, mungkin Syon takut suka sama pemandunya. Alesan lain juga, si Rafi bilang dia juga bisa jadi pemandu asal ada peta, dan kita emang dipinjemin peta sama bapak-bapak tadi, yaudah mending dia aja daripada bayar. Omongan Rafi pun terbukti, dia bisa jadi pemandu yang bertanggung jawab, Alhamdulillah kita sampe di Museum bahahi dengan jalan kaki. Inget ya, JALAN KAKI!. Masalahnya ini ngga deket ternyata, lumayan jauh jugaa. Tapi karena dibawa happy dan matahari ngga panas sama sekali, kita jadi seneng-seneng aja jalannya. Nih cuplikan foto-foto kita on the way ke Museum Bahari :




Sampe sekarang gue belum tau Museum Bahari dulunya tempat apa. Tapi menurut isi dari museum yang gue liat sih kayaknya berhubungan sama perdangangan laut gitu, kekuasaan maritim kayaknya. Gue seneng banget ternyata kartu pelajar berguna banget, kita harusnya masuk satu orang Rp2000 jadi cuma Rp600, hahaha. Namanya museum pasti tetep aja ada aura mistisnya, tapi buat kalian yang belum pernah ke Museum Bahari gue saranin kesana deeeh! Ngga bakal nyesel karena tempatnya keren buat foto-foto, dari menara Museumnya juga kita bisa lihat Kota Jakarta secara luas. Jepretan foto-foto kita, jangan heran kalo ada banyak Sandi, dia lagi seneng foto :





Niatnya sih dari Museum Bahari kita mau ke Pelabuhan Sunda Kelapa, sayang matahari jadi tiba—tiba terik  –terik pake BANGET-, mana kita haus bangeeet, asli daerah Jakarta Utara bikin dehidrasi deh, akhirnya kita yang udah lecek-lecek ini mutusin buat balik ke lapangan di deket Museum fatahillah dan Museum Seni Rupa Indonesia,  jam juga udah pukul 12.00 siang. Perlu dicatet kita baliknya juga jalan ya, Sampe gosong kulit guee -__- Eh di jalan balik kita ketemu Jembatan salah satu objek Kota Tua, kita duduk- duduk dulu deh sekalian istirahat, beli minum lagi karena tadi yang gue bilang Jakarta Utara bikin dehidrasi.

Kita sampai di lapangan yang dekat sama Museum Fatahillah sekitar pukul 13.20. Semuanya langsung tepar di bawah pohon alias ngadem. Kecuali Ika, Fika, dan Sandi yang masih kuat buat masuk ke Museum Fatahillah. Percaya sama gue Sandi ikut cuma gara-gara pengen foto-foto. Dan hahaha betapa kasiannya Sandi ternyata selama di Museum Fatahillah hpnya dia ngelek alias eror.

Sekarang udah jam 14.00, gue mutusin buat ngajak mereka balik karena gue takut kalo mulai dari jam 3, busway bakal penuh banget. Sebelum pulang si Vina sama Syon bikin cincin yang diukir nama dulu, hahaha mau beli ? hanya 5 ribu di Kota Tua! Tadinya gue sama Mita mau main ramal-ramalan jodoh, bayarnya 10 ribu. Eh ngga jadi gara-gara tau deh kenapa, hahaha.

Perjalanan busway pulang terasa lebih melelahkan dibanding dengan berangkatnya, gue rasa ini karena efek jalan kaki bolak-balik Museum Bahari. “Mungkin dia lelaaaaah” Ini dia ucapan Iel yang gue inget, gue rasa ucapan ini cocok buat menggambarkan keadaan kita sekarang. Tapi tetep, secapek apapun hari ini, hari ini bakalan selalu punya memori tersendiri di pikiran gue, kenapa ? Rahasiaaaa, hahaha.
Mit, bagi lu mungkin Ancol, tapi bagi gue lebih indah Kota Tua ta, hahahaha :D

Nice day, Nice story, Cause My Beloved Friend :
 - Mita
 - Syon
 - Vina
 - Fika
 - Rafi
 - Sandi
 - Ika

By : Bunga Mentari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar