Senin, 22 November 2010

Aku Cinta Indonesia

Indonesia adalah negara dengan 33 provinsi yang terbentang dari sabang sampai merauke. Nama Indonesia memang cukup terkenal di kancah dunia, mengapa? Jawabannya karena Indonesia adalah negara dengan sejuta pesona yang dikagumi negara negara lain. Tetapi, kenapa ya justru ada sebagian orang orang Indonesia yang tidak mau menghargai, menganggap rendah negara nya sendiri, bahkan lebih mencintai negara lain ?


Mungkin ini alasan mereka :

1. Banyaknya koruptor di Indonesia
    Indonesia adalah negara dengan peringkat ke-38 korupsi tertinggi di dunia. Angka ini cukup tinggi jika        dibandingkan dengan negara negara di sekitar kita. Tingginya angka korupsi di Indonesia disebabkan karena kurang tegas nya pemberantasan korupsi di Indonesia dan ringan nya hukuman bagi mereka yang jadi tersangka. Sehingga orang orang jadi tidak terlalu takut deh untuk melakukan korupsi. Kita pasti sangat tidak  suka dengan Indonesia dari sisi korupsinya, kenapa? siapa sih yang rela uang nya diambil begitu aja sama tikus tikus berdasi itu ? hahaha pastinya nggak ada kan. Seharusnya uang itu buat pembangunan Indonesia, eh eh malah diambil sama mereka. Ckckckckck.


2 Kurang tertib nya kehidupan di Indonesia
   Indonesia memang tidak terkenal akan ketertibannya. Kita bisa liat contoh pertamanya dari sampah.Sampah mungkin adalah pemandangan sehari hari di sekitar kita. Dalam satu hari saja total produksi sampah di DKI Jakarta mencapai 6 ribu ton. Waw, angka yang tinggi bukan? Sampah tentu dapat menimbulkan masalah lain seperti bau yang tidak sedap, penyakit, dan tentunya banjir yang sangat repot kalo sampe terjadi. Sampai saat ini, belum ada solusi yang bijak buat ngatasin sampah. Contoh yang kedua yaitu kemacetan.Jujur gue juga kesel kalo mau pergi, eh malah macet. Kemacetan ini tuh gara gara : pengguna jalan yang nggak matuhin peraturan yang ada, kendaraan yang nggak layak pakai tapi masih dibolehin berkeliaran di jalan raya, jumlah kendaraan melebihi lebar jalan yang ada, dan tidak berhasil nya beberapa program yang direncanakan pemerintah untuk mengatasi kemacetan. Kira kira solusi apa ya yang paling tepat buat mengatasi kemacetan? Contoh yang ketiga itu banyaknya rumah rumah tanpa IMB. Kita liat aja di bantaran sungai, pinggir rel kereta api, dan di kolong jembatan, pasti banyak rumah rumah yang nggak layak tinggal dan cuma bikin Indonesia berantakan. Nggak nyalahin juga kalo pemerintah sampe ngadain penggusuran rumah rumah itu. Kira kira ada contoh keempat kelima dan seterusnya nggak ya?



3. SDM Indonesia yang tidak ahli menguasai SDA dan teknologi  yang ada.
    Indonesia sebenarnya adalah negara kaya, tetapi apa sih yang bikin Indonesia nggak berkembang maju? jawabannya ya karena SDM Indonesia tidak banyak yang ahli untuk memanfaatkan kekayaan Indonesia yang ada. Sehingga dengan rasa tidak senang, kita harus rela kalo kekayaan kita dikelola oleh perusahaan luar negeri. Aaaaa, sayang banget. Coba aja SDA itu kita yang kelola, pasti negara Indonesia jadi negara yang maju dan terbebas dari kemiskinan. Oh iya, nggak bisa dipungkiri kalo Indonesia adalah negara yang terlambat buat bisa nguasai satu teknologi. Apalagi buat bikin teknologi? jarang banget deh. Tapi asal kita tau ya, Indonesia pernah nyoba beberapa teknologi yang diperkirakan bisa bikin Indonesia bebas dari masalah dan jadi negara maju. Cuma ya itu, kebanyakan SDM Indonesia nggak bisa alias norak buat make teknologi baru yang ada. Dari pada teknologi itu nggak bermanfaat karena jarang yang bisa, jadi dibatalin deh teknologi yang udah pernah dipake. Jadi, nggak bisa nyalahin Indonesia kan karena nggak maju maju, tapi dari SDM nya nih. 


Nah nah, itu gue udah sebutin beberapa alasan yang bikin sebagian orang nggak menghargai Indonesia, menganggap rendah negara nya sendiri, bahkan lebih mencintai negara lain. Tapi sebenarnya sikap mereka itu SALAH BESAR ! wahahaha lebay deh gue. Tapi beneran, kalo kita terus ngeliat Indonesia dari keburukannya, pasti nggak bakal selesai dan kita akan terus nggak menghargai Indonesia. Karena keburukan itu pasti lebih gampang ketemu dibanding kebaikannya. Coba deh buka mata hati kita, liat kalo sebenarnya Indonesia itu punya banyak nilai positif yang bakal bikin kita nggak nyesel ada di negara ini. Gue bakal bahas sebagian kecil keunggulan Indonesia :



1. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia
    Indonesia terdiri atas 17.504 pulau termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Di Indonesia juga ada 3 dari 7 pulau terbesar di dunia yaitu, Kalimantan pulau terbesar ketiga di dunia (539.460 km2), Sumatera (473.606 km2), dan Papua (421.981 km2). Dengan pulau pulau nya yang banyak, tidak heran jika Indonesia dinobatkan sebagai negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

2. Indonesia adalah Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia
    Di Indonesia terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.  Dengan suku bangsa nya yang banyak, otomatis Indonesia mempunyai banyak ragam bahasa daerah yang banyak juga. Nggak tanggung tanggung, 583 bahasa daerah ada di tanah air kita. Dan kabarnya, Indonesia adalah negara dengan ragam bahasa daerah terbanyak di dunia.Oh iya, Indonesia juga punya banyak kebudayaan yang unik unik, seperti tariannya, alat musiknya, baju adatnya, rumah adatnya, lagu daerahnya, waaa banyak banget deh semua itu di Indonesia. Kita ambil satu contoh nya dari provinsi Bali, di Bali itu nama rumah adatnya Natah, tariannya kayak tari pendet sama jangger. Di Bali juga terkenal objek wisatanya lo. Pasti tau ! Waw, Indonesia memang sering dapat julukan "ter" hebat di dunia ya. Keren !


3. Indonesia ada dari zaman purba dulu.
    Ternyata, Indonesia itu tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu. Tuh kan, manusia purba aja suka tinggal di Indonesia. Masa iya kita nggak suka tinggal di Indonesia? Dan, ooooo jangan jangan Indonesia itu negara tertua di dunia lagi. Mungkin aja kan.


4. Indonesia negara  yang berlimpah akan kekayaan alam 
    Ternyata, Indonesia punya semua kekayaan alam apapun ! termasuk yang tidak dipunyai negara lain. Mulai dari emas, minyak, batu bara, nikel, intan, dan banyak deh. Dan Indonesia adalah negara penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia. Selain itu, negara kita juga penghasil Timah terbesar kedua di dunia, ituloh yang tempatnya Laskar pelangi ! hehehe. Oh iya, Indonesia juga menempati peringkat pertama dalam bidang pertanian, kayak cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta peringkat kedua terbesar penghasil karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil). Lagi lagi, Indonesia bikin iri negara lain iri nih, karena Indonesia dianggap sebagai negara pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia. Masih ada lagi, langsung disebutin aja ya. Terumbu karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species. Indonesia memiliki hutan bakau terbesar di dunia, tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi. Biodiversity Anggrek terbesar didunia yaitu, 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua. Di Indonesia juga ada binatang purba yang masih hidup seperti, Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg. Terdapat Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter, ituloh, bunga yang terbesar di dunia. Dan Indonesia memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip Censored dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi. Tanah air kita tercinta ini juga tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi, ditemukan juga ikan terkecil di dunia yang hidup
di rawa-rawa berlumpur Sumatera dengan panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala. Waaa banyak banget kan kekayaan alam Indonesia. Sebenarnya kalo disebutin semua masih banyak lagi, tapi segini aja lah. Hayo, ada nggak yang ngalahin kekayaan Indonesia ?




5. Indonesia dengan sejuta prestasinya
    Tau nggak? Tim bulutangkis Indonesia itu adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002). Indonesia biasanya selalu bersain dengan negara yang terkenal dengan pengobatan tradisional nya "Cina". Lawan kita yang satu ini susah banget lo buat dikalahin. Tapi buktinya, kita juga mampu untuk mengalahkan mereka. Bukan dari segi olahraganya aja nih, dari segi pendidikan juga Indonesia berprestasi, misalnya aja pada akhir April lalu, pelajar Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) mampu meraih dua medali emas, empat perak, dan empat perunggu dari Olimpiade Fisika Asia VIII di Shanghai, China. Baru baru ini, Pelajar  Indonesia berhasil meraih dua medali emas dan dua medali perunggu dalam jang Asian Pacific Astronomy Olympiad (APAO) ke-5 di Damyang, Korea Selatan. Terus, dalam ajang The International Chemistry Olympiad (IChO) yang merupakan sebuah kompetisi internasional tahunan di bidang kimia, sampai saat ini, Indonesia berhasil merebut 4 perak,13 perunggu, dan 1 emas. Masih banyak lagi sebenarnya, tapi jadi panjang bgt kalo ditulis, hahahaa. Waaa hebat banget prestasi Indonesia di mata dunia. Tambah cinta deh sama Indonesia.


6. Indonesia kaya akan keindahan alamnya
    Siapa sih yang nggak tau Bali? aaa pasti nggak ada, semua tau Bali. malah katanya, Bali itu lebih terkenal dibanding Indonesianya sendiri, hahaha. Kenapa bisa gitu ya? jawabannya karena Pulau Bali punya sesuatu yang berbeda dibanding pulau pulau lainnya di dunia. Keindahan panorama di Bali sangat mempesona, sampai sampai Bali dijuluki sebagai “The paradise island”, “The island with thousand temple”, “God island”, “The morning of the world” dan masih banyak lagi. Selain karena keindahannya, Bali juga punya unsur mistik tersendiri yang membuat suasana Bali terasa lebih hikmat dan hangat. Semua orang cinta Bali, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya turis yang datang ke Indonesia, waaa orang yang bukan Indonesia aja cinta Bali, masa iya kita nggak? Dan, masih banyak objek objek wisata di Indonesia yang punya pesonanya sendiri,  misalnya, Gunung Rinjani di NTB, Pulau Komodo di NTT, Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat yang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya, Kawah Ijen di Jawa Timur yang telah dikenal oleh para wisatawan domestik dan asing karena keindahan alam dan bahari, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, Danau Toba di Sumatra Utara, dan Green Canyon di Jawa Bara yang memiliki perpaduan antara sungai, lembah hijau, hutan lindung, dan aneka stalaktit-stalakmit. Keindahan berbalut kesunyian, bagai surga yang tersembunyi. Banyak kan objek wisata di Indonesia ? bangga deh jadi orang Indonesia.



7. Indonesia tempat salah satu 7 keajaiban di dunia
    Yap, Candi borobudur. Itulah salah satu 7 keajaiban dunia yang ada di Indonesia. Candi yang ada di daerah Jawa tengah ini disebut-sebut sebagai candi terbesar di dunia karena memiliki tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan menurut sumber sejarah yang ada, candi ini dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno tahun 750-850 M. Candi Borobudur ini telah beberapa kali direhabilitasi dari pihak PBB. Tapi tetap, bangunan dasar candi ini, masih tetap kuat. Waw, dibuat dari apa ya sampai tidak hancur seperti itu? padahal zaman dulu, belum ada teknologi yang bisa dimanfaatkan. Ya itulah hebatnya mistik budaya di Indonesia.


8. Indonesia dan dunia hiburannya 
    Kalo kita mau sadar, dunia hiburan di Indonesia, nggak kalah menarik nya sama negara negara lain. Cuma ya dari kita nya aja yang kadang kadang nggak mau ngehargain, coba kita liat dari musik Indonesia. Indonesia punya banyak penyanyi solo, band, sampe vocal grup atau paduan suara. Sekarang kita lihat dari penyanyi solonya. Nggak sedikit dari negara negara negara di dunia  yang kagum dengan penyanyi penyanyi kita. Contohnya aja Agnes Monica dan Anggun C. Sasmi. Kedua penyanyi ini, mampu membawa Indonesia di kancah dunia. Seperti Agnes Monica yang terkenal di Sebagian Asia dan Amerika. Dan Anggun C. Sasmi di hampir seluruh dunia terutama Perancis. Nah kalo sekarang band Indonesia. Indonesia punya banyak banget band kan. Itung aja ada berapa. Wah, pasti banyak banget deh. Secara nggak sadar, band band itu adalah aset bagi negara ini. Ada lo beberapa negara tetangga kita yang mau mengklaim lagu lagu mereka. Hahaha untung nya aja gagal. Yang ini juga nggak kalah membanggakannya, vocal grup Indonesia. The Sparkling Indomaret Vocal Group yang diketuai Effa Secioria ini, berhasil menorehkan prestasi tertinggi di ajang World Choir Games yang berlangsung di Saoxing, Cina tanggal 15-26 Juli dengan menyabet Grand Champion untuk  kategori Pop dengan menyisihkan 17 negara. Itukan dari segi musik, Indonesia juga sangat terkenal dibidang teaternya, perfilmannya seperti Laskar pelangi series dan Denias.


Aaaa itu baru beberapa kehebatan kehebatan di Indonesia. Tapi segini aja gue udah kagum banget. Bagi gue, belum ada negara yang bisa gantiin Pesona Indonesia di mata gue. Gue bener bener cinta Indonesia, baik dari  kehebatannya maupun dari kekurangannya. Karena baik buruk nya Indonesia. Indonesia tetap tanah air kita. Ayo, tumbuhkan rasa cinta kita sama Indonesia ! Karena kalo bukan dari kita, siapa lagi yang mau menghargai Indonesia. ♥ Indonesia until whenever :)


By : Bunga Mentari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar