Sabtu, 07 Januari 2012

WHEN I LOSE YOU [3]


Di tanganku sudah ada dua piring nasi goreng dan dua gelas air putih, kini kuletakkan makanan dan minuman itu di meja. "Ya ampun Ka Romi, ini itu udah jam 10, masih belum bangun juga" ucapku lemas pada diri sendri, sambil melihat Ka Romi yang masih tertidur pulas. "Bangunin aja kali ya" lanjutku. Aku mendakati Ka Romi, memukul lembut tangannya, "Ka Romi, bangun". Belum ada respon apapun, "Ka Romiiii, Ka Romiiii, banguun dong". Keadaan tetap, Ka Romi belum bangun. "Ih Ka Romiiii, bangun dong" kini aku berteriak di samping Ka Romi. Kuguncang tangan Ka Romi, pokoknya sampai dia bangun. "Rubiii, ini masih pagi, udah lu tidur lagi" ucap Ka Romi tidak jelas dengan mata yang masih tertutup. "Masih pagi? Udah jam 10 tauu, ayo bangun" paksaku. "Ntar aja aah, weekend nih" alasan Ka Romi. "Ih Ka Romi mah, bangun ah ngga mau tau" paksaku lagi. Aku pun menarik kedua tangan Ka Romi, dan berhasil, Ka Romi akhirnya bangun. Ia pun duduk di sofa, tidak lagi tidur. "Ganggu orang tidur aja lu Rub, ada apaan sih?" keluh Ka Romi, uh wajahnya natural sekali kalau baru bangun. "Mau ngajak sarapan bareng. Karena gue udah dosa bangunin lu, hadiahnya gue udah ambilin lu sarapan. Jadi kita bisa sarapan di kamar" jelasku panjang. "Hadeh Ruby, gue kira apaan" jawab Ka Romi, sepertinya ia aneh mendengar alasan aku itu. Aku dan Ka Romi mulai menyantap sarapan pagi, atau sarapan hampir siang ya? Habis ini sudah jam setengah 11 sih. Aku menggelengkan kepalaku melihat Ka Romi makan, kelihatannya malas sekali bangun, tapi begitu makan, waw semangat sekali. "Semangat banget lu kak makannya" komenku. "Laper gue, asli laper banget" jawab Ka Romi dengan makanan penuh di mulutnya. "Kenapa ngga bangun dari tadi aja?" tanyaku. "Iya sebenernya gue jg sadar kalo gue laper biarpun gue tidur, tapi gue males banget kebawah buat ambil makanan" ucapnya. "Heem, tuh kan. Harusnya lu terima kasih sama gue udah bawain makanan keatas" ucapku bangga. "Haha iya bener juga, thanks deh" balasnya setelah meminum air putihnya.

Tiba-tiba handphone Ka Romi berbunyi, "Apaan Sur?" ucapnya di telfon. "Acara ulang tahun lu bukannya minggu depan?". "Yah gue salah baca Sur. ngga usah pake syarat ya?". "Parah lu ya" tutup Ka Romi dalam percakapan di telfonnya. Aku bingung kenapa Ka Romi saat ini, setelah menerima telfon kelihatannya ia gelisah. "Kenapa kak" tanyaku padanya. "Bingung gue Rub"jawab Ka Romi. "Iya gue tau, bingung kenapa?" tanyaku lagi. Ka Romi sempat diam sejenak dan baru menjawab, "Ternyata hari ini gue ada acara ultah temen gue di Kemang, padahal yang gue tau minggu depan". Apa masalahnya sih? Aku bertanya-tanya sendiri. Aku tau, sepertinya Ka Romi mau bersiap-siap sekarang di kamarnya, cuma tak enak menyuruh aku pulang. "Oh ya udah, siap-siap aja ka, gue pulang yaa, thanks buat semuanya" ucapku dan beranjak pergi, tetapi saat aku hampir keluar dari kamarnya, suara Ka Romi menghetikan langkahku, "Siapa suruh lu pulang? Lu harus temenin  gue ke acara itu". Aku menoleh ke arah Ka Romi dengan ekspresi kaget, "Serius gue ikut? Buat apaan?". "Buat nemenin guee, oh iya lu punya dress yang model diatas lutut warna hitam bling bling ngga? Tapi jangan ada renda-renda plus embel-embelnya. Aduuuh gue lupa dresscode nya apa, tapi kira kira begitu" jelas Ka Romi panjang. Aku berpikir sebentar, punya ngga ya dress kayak gitu? ahaa! "Yayaya kak gue punya gue punya, salah satu konsep kostum GOD kayak gitu" jawabku sambil tersenyum. "Huh Alhamdulillah, oke oke selesai masalah gue. Lu siap-siap deh di rumah, ntar jam 4-an gue jemput ya"ucap Ka Romi. Aku hanya mengangguk, dan pulaaang. 

Karena ini baru jam setengah 12, aku memutuskan untuk mengerjakan semua tugasku dulu, nanti pasti pulangnya sedikit larut malam. Dua power point, uh! Ku search materinya di internet, kupelajari, dan kubuat kembali dalam slide-slide power point dengan bahasaku sendri. Aku pun mandi dan meminta tolong bibi untuk menyetrikakan bajuku. Dari setiap perform dance, aku jadi terbiasa untuk merias wajahku sendiri. Kurias wajahku secara minimalis, dengan warna-warna yang alami juga. Untuk rambut, aku membiarkan rambut panjangku tergerai dan ku curly di bagian bawahnya. Sepatu? Aku memilih high heels hitam 7 cm. Aku tidak mau terlalu tinggi, karena pasti akan mengganggu gerak jalanku. Sepertinya sudah selesai aku bersiap-siap, tapi jam berapa ini? Kulirik jam dan ternyata pukul 15:49. Sebentar lagi pasti Ka Romi menunggu di halamanku. Aku turun ke ruang tamu, kubuka laptopku sambil menunggu Ka Romi. Kulihat foto-foto 5 tahun lalu saat aku, papah, dan mamah berlibur di Bali. Wajah-wajah keharmonisan, saat papah dan mamah belum diperintah oleh uang-uangnya. Papah dan mamah baru pulang dari Singapur besok sore, aku berjanji mulai besok akan berusaha untuk mengembalikan 5 tahun kemarin. "Udah selesai liat foto-fotonya? Udah jam 4 nih" ucap Ka Romi tiba-tiba yang membuatku kaget. "Udah kok..." aku berhenti berbicara, karena saat aku melihat Ka Romi hari ini secara keseluruhan, aku menjadi terdiam, "Waw, ganteng banget lu kak" lanjutku tanpa kusadari. "Eh engga kak, maksud gue gaya lu keren hari ini" ralatku tiba-tiba, bias malu aku jika ketahuan mangakuinya ganteng, bisa kepedaan nanti dia. Ka Romi justru tertawa ringan menanggapi kekikukkanku, "Beneran lu bilang gue ganteng juga ngga papa Rub. Lagian lu juga cantik". Hah? Aku kaget. Kok Ka Romi justru memujiku balik? Rubyy, Don't be nervous 'kay?. "Yeh ni anak malah diem, ayo berangkat" lanjut Ka Romi dan kemudian memegang tanganku agar aku cepat berjalan. 

-Do you know my heart beat?- one minutes ago via twitter for blackberry. 

Di dalam mobil saat perjalanan, aku jadi ingat akan pertanyaanku tentang mengapa aku bisa ada di tempat tidur, aku pun bertanya pada Ka Romi, "Kak, gue bingung deh, kan kemarin malem gue kecapean tuh abis beresin kamar lu, gue sandaran di sofa lu, gue ngantuk banget disitu. Ngga tau kelanjutannya lagi, tiba-tiba pagi gue bangun ada di tempat tidur lu. Emang gue kalo tidur suka jalan ya?". lagi-lagi Ka Romi tertawa ringan, heran deh sepertinya Ka Romi hari ini tertawa terus,  apa yg lucu sih?. "Gue yang mindahin lu ke tempat tidur, gue ngga tega bangunin lu buat pindah ke tempat tidur sendiri" jawab Ka Romi akhirnya. "Lah?" aku bingung. "Kenapa Rub?" tanya Ka Romi sambil menoleh kearahku. "Oh engga papa kok ka" jawab ku asal. 

Ternyata acara ulang tahun teman Ka Romi diadakan di salah satu kafe di Kemang, ya tidak asing lah bagiku. Kami sampai di kafe Rabian sekitar pukul 5, disana aku banyak melihat kakak kelasku di SMA, melainkan teman satu angkatan Ka Romi, mereka juga terlihat membawa pacar masing-masing, apa itu wajib ya ? Aku rasa tidak, kan aku dan Ka Romi bukan pasangan. Acara baru dimulai sekitar pukul setengah 7, seorang MC telah hadir diatas panggung untuk memandu acara ini. Acara nya tidak formal, justru terkesan sangat remaja. Lantai dance, dresscode, dan musik nya semuanya dirancang untuk jiwa anak muda. "Halo halo hai hai guys! Apa kabar nih? Kalian semua pasti udah tau mau pada ngapain disini. Yap, kita akan santai-santai disini, having fun, dan semua yang lo lo suka, are you ready?" sapa sang MC dengan luwes nya . "Dan ada yang mau gue kasih tau supaya kalian tetep stay disini sampai acara abis. Di akhir acara, sang tuan acara akan memperkenalkan seseorang. Siapa ya ? tunggu aja sampai akhir acara" ucap sang MC bikin yang membuat semuanya penasaran. Siapa ya kira-kira ? Bapak ibunya ? Tidak mungkin. Saudara nya ? Tidak mungkin juga. Sudahlah lihat nanti saja. 

Semua undangan pun turun ke lantai dance termasuk aku, kami semua bergerak mengikuti musik yang ada. Ini sangat seru, bergabung dengan kakak kelas, seperti melepas beban yang ada deh. Hidangan yang disediakan pun berupa cake, puding, dan yaa makanan ringan atau pencuci mulut mungkin. Penataan ruangannya juga sangat romantis, ada banyak lilin di atas kolam renang, dekorasi berwarna merah, pink, biru, hitam, aku menyimpulkannya sebagai warna cinta. 

Sampailah kami di akhir acara, sudah jam 9 malam ini, aku mulai mengantuk. Sang pemilik acara, yang aku kenal namanya Ka Surya, naik ke atas panggung, menggandeng seorang cewek cantik dengan lembut sekali, terlihat kalau jelas bahwa Ka surya sangat menyayanginya. Ka Surya pun mulai berbicara, "Guys ini dia surprise malam ini, kenapa kalian gue kasih syarat begitu buat dateng ke acara gue? Karena gue pengen kita ngerasain hal yang sama malam ini". Tepuk tangan pun serempak terdengar olehku. "Loh emang ada syarat dateng ke acara ini? Kok gue ngga tau?" ucapku dalam hati. "Dan gue mau ngenalin cewek cantik di sebelah gue, dia bukan hanya cantik, tapi sempurna buat gue. Kenalin namanya aulia rakasita, dia cewek gue, kami baru jadian 2 minggu, dan dialah hadiah terspesial buat ulang tahun gue malam ini" Cieeee,  so sweet deh. Sorak sorai terdengar lagi, ada yang bertepuk tangan, ada yang iri, ada yang ber-cie-cie ria. Emm iya sih, aku juga iri jadi cewek itu, digandeng cowok sekeren Ka Surya, diperkenalkan pula, waw! 

Acara pun selesai, masing-masing berpamitan pada Ka Surya, termasuk aku dan Ka Romi, "Hey rom, dateng juga lu? Gue pikir ngga dateng lu gara-gara syarat bawa pacar. Tapi ngga mungkin lah seorang Romi ngga punya cewek" ucapnya pada Ka Romi, jujur aku bingung apa maksudnya. Ka Romi hanya tertawa ringan menanggapinya. "Dan hey lo Ruby GOD kan? Udah berapa lama sama Romi? Ternyata bener gosip selama ini?" lanjutnya padaku sekarang. Hah padaku? Lalu apa maksudnya pertanyaan tadi? Pacarnya Ka Romi? Sejak kapan? Jreng jreng jreng don't be confuse dong Ruby. Aku menoleh ke arah Ka Romi sambil mengangkat sebelah alisku. Ka Romi hanya terseyum dan langsung memegang tanganku, "Oh haha iya Sur, gue sama Ruby baru seminggu kok, gue sengaja belom ngasih tau ke yang lain kalo dia cewek gue, surprise aja lah" ucap Ka Romi sambil tersenyum. "Oh gitu, long last deh, cocok kok lu berdua" jawab Ka Surya. Tuhaaan, jantungku malah jadi tidak karuan karena, Ka Romi masih tetap memegang tanganku, Ka Romi memperkenalkan aku sebagai pacaranya. Bagaimana kalau didengar teman-teman? Lalu hari ini dia bilang aku cantik, dia juga mengangkat aku ke tempat tidur semalam, dan tidak lupa dia sangat perhatian denganku hari ini. Aduh biasanya aku tidak pernah seperti ini. Aku jadi teringat ucapan Mei waktu itu, "Ka Romi itu suka Rub sama lu, dan gue yakin ngga lama lagi lu suka sama dia". Hus hus hus kubuang jauh-jauh bayangan itu. Impossible lah, dia hanya kakak ku, dan Ka Romi hanya menganggap aku sebagai adiknya. 

"Ruby, kok diem aja lu dari tadi?" ucap Ka Romi yang membuyarkan pikiran-pikiranku. "Eh sorry ya tadi gue nyebut lu cewe gue, gue belom ijin lagi sama lu. Soalnya syarat dateng ke acara ini itu punya pacar Rub, maka nya tadi pagi gue bingung banget" lanjut Ka Romi. "Ah iya ngga papa ka, udah ngerti gue kok, tenang" jawabku tersenyum. "Tapi lu juga ngga nyesel tau Rub gue akuin pacar, kan gue ganteng Rub" balas Ka Romi tertawa. "Hah? Pede lu kak, huuuu" sahut ku sambil meledeknya. Hahaha Ka Romi memang orang yang tidak membosankan, ada saja omongannya.
Pagi pagi, aku sudah sampai disekolah untuk berdiskusi dulu tentang presentasi hari ini. Namun baru saja aku memasuki halaman sekolah, ada banyak kakak kelas yang senyum-senyum padaku. Loh ada apa sih denganku? Sepertinya aku menggunakan baju yang benar. Kubuka kaca kecilku, aku berkaca. Aah, tak ada yang aneh dari penampilanku. "Cieee Ruby, traktirannya boleh kali yang jadian sama romi" sahut Ka Marissa dari dalam mobilnya, belum sempat aku berkata-kata, ia sudah pergi begitu saja. Biarkan sajalah, mungkin dampak dari pengakuan palsu Ka Romi kemarin. Aku berjalan lagi menyusuri koridor kelas, sial benar pagi pagi sudah mendapat kelas di lantai atas. Tiga orang cewek seangkatanku tertawa melihatku, "Cieee Ruby, beruntung banget lo dapetin Romi" dan mereka terus berjalan. Apa? Lagi? Memangnya secepat itu apa beritanya? Gawat dong! Ka Romiiiii. Aku mempercepat langkahku, sampailah aku di kelas, namun sama seperti tadi, sorak-sorailah yang datang menyambutku. "Dari kapan Rub?", "Traktirannya dong", "Long last yaa", "Beruntung banget lo rub" . Aku pun gerah mendengar semuanya secara bersamaan "Eh udah dong stop stop, masih pagi woy, gue mau latihan presentasi nih" jawabku setelah mendengar beberapa celotehan. Waaa pusing aku jadinya. 

To be continue at part 4 . . .

By : Bunga Mentari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar